Sabtu, 02 April 2016

,

Ngulik Cirebon!

tugu selamat datang (foto: )

Hai!
Mari kita ngulik Cirebon!

Apa yang kalian ketahui tentang Cirebon?
Kota kecil. Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah bukan sih?

Betul, betul. Selain itu?
Pokoknya jalur pantura yang ramai (di televisi) pas mudik.

Ha ha.  Ada lagi?
Hmmm. Kota wali? eh bukan yah, katanya sekarang kota tilang.

Oh my... masih kota wali kok, kota udang, kota sejuta kenangan... *eaaa

Cirebon, kota kelahiran saya, nyatanya punya hal-hal menarik untuk diulik. Tempat-tempat nyentrik, jalan-jalan asik, kuliner ciamik. Yaha! Dan lagi, keragaman yang ada di kota ini punya daya tarik sendiri. Misalnya saja, bahasa yang digunakan, budayanya, dan tentu saja sejarahnya. Cukup banyak tempat-tempat bersejarah yang punya cerita tersendiri. Kemudian, Cirebon yang konon disebut kota wali membuat saya ingin mengurai sejarah panjang kota ini. Saya jadi penasaran juga menyoal sastra klasik (kesusastraan Jawa) maupun modern yang berkembang di sini. Sungguh, Cirebon punya banyak hal yang bisa diceritakan.

Blog ini dibuat sebagai cara saya menemukan kecintaan pada kota sendiri, Cirebon. Setelah sebelumnya, saya jatuh cinta pada Bandung dengan segala pesonanya. Buat saya, jatuh cinta itu momentum, sedangkan cinta itu pilihan untuk mencintai. Maka saya memilih untuk mencintai kota ini. Baru kemudian mengurai alasan-alasan, sebab cinta tidak butuh alasan lebih dulu kan? Tjie. Kenapa bahasannya jadi begini?

Baiklah. Mari kita jelajahi Cirebon. Mari kita temukan hal-hal menarik di dalamnya!





0 komentar:

Posting Komentar